Belajar nada dasar gitar

belajar nada dasar gitar
Mari kita belajar nada dasar gitar mulai dari pengenalan nada-nada berikut istilah-istilah didalamnya sampai dengan cara mengkombinasikan beberapa nada-nada yang diterapkan untuk membentuk suatu kunci gitar. 

Belajar mengenal nada-nada dasar gitar

 
Seperti halnya dari beberapa rekan-rekan yang sudah tidak asing lagi dengan tangga nada seperti: C-D-E-F-G-A-B, inilah sebuah nada dasar yang dapat digunakan untuk pembentukan suatu kunci gitar, belajar nada dasar gitar sebetulnya mudah saja tingggal rekan-rekan hafalkan dan perkenalkan nada dasar tersebut setiap hari ke telinga rekan-rekan dengan cara menekan nada-nada tersebut pada senar atau tali gitar tersebut, kegunaannya adalah untuk melatih feeling dan mengenal nada-nada itu untuk keperluan penyetelan senar gitar atau istilahnya (Stem atau nyetem). 
 

Posisi nada kres (#) dan mol (b) pada gitar

 
Sebetulnya dari nada dasar diatas masih ada nada yang tersisipkan diantara nada C-D lalu F-G, A-B, D-E, dan G-A. Nada yang terletak diantara nada-nada tersebut adalah sebutannya kres (#) dan mol (b), penerapan untuk kres (#) seperti ini, C-C#-D-D#-E-F-F#-G-G#-A-A#-B lalu penerapan untuk mol (b) seperti ini, C-Db-D-Eb-E-F-Gb-G-Ab-A-Bb-B, nah dari sini pasti sudah bisa dimengerti kan? baiklah silahkan rekan-rekan terapkan dan hafalkan nada-nada tersebut pada gitar. 
 

Latihan setiap hari mengenal nada gitar

 

Tekan saja nada-nada tersebut dengan sembarang jari tangan amalkan setiap hari ( hehe kaya ibadah ) secara tidak langsung rekan-rekan akan familiar dengan nada-nada dasar itu dan jika dilakukan setiap hari sedikitnya 2 kali sehari minimal 1 jam (kaya minum obat aja) dalam waktu singkat rekan-rekan akan hafal dengan nada-nada tersebut asal konsisten melakukannya. 
 

Pengalaman saat belajar gitar

 
Waktu saya masih sekolah bangun pagi lebih awal setengah jam, mandi, sarapan lalu sambil menunggu makanan turun ke lambung dengan sempurna saya mainkan nada-nada tersebut selama 15 menit sampai dengan setengah jam, setelah itu berangkat sekolah, 1 jam setelah sepulang sekolah biasanya saya melakukan lagi sampai dengan maksimal 1 jam dalam satu hari. 
 

Fokus dan kuasai skill dengan sempurna

 
Dalam proses belajar gitar biasanya dalam melakukan praktek sebuah skill itu harus dilakukan secara berulang-ulang dalam jangka waktu yang telah di tentukan sendiri, misal saya ingin mengenal lebih jauh dan menghafal nada E, maka saya akan ulang-ulang selama 5 menit nada tersebut sampai terngiang-ngiang ditelinga, begitupun skill-skill lainnya jadi dalam proses belajar usahakan fokus pada tahapan yang ingin kita capai terlebih dahulu karena semakin fokus terhadap tahapan-tahapan itu maka skill demi skill akan dikuasai secara sempurna. 

Baiklah setelah materi ini kita akan melangkah ketahap berikutnya yang lebih spesifik lagi, (tetaplah bersama kami hehe kaya lagi nonton tv aja) ok sampai ketemu di materi belajar gitar berikutnya.

1 komentar :

  1. Marii Belajar Main Gitar :D kereeenn nihh gan Ilmunyaa kebetulan saya gak bisa main gitar jadi saya izin aman kan yaaa buat kapan kapan :D salam kenal dari Cinta Teknologi

    BalasHapus