Kunci gitar dasar untuk pemula


Memasuki materi baru diharapkan rekan-rekan sudah memahami dan mempraktekan pembahasan artikel sebelumnya secara terstruktur dan masif ( haha jadi inget pemilihan presiden kemaren), pada materi kali ini kita akan membahas mengenai macam-macam kunci gitar dasar yang terbentuk dari beberapa nada dasar yang pernah kita bahas di artikel belajar nada dasar gitar .

Nada-nada yang membentuk kunci gitar


Kunci gitar itu apa saja? nama dari kunci gitar itu diambil dari nada dasar itu sendiri seperti: C-C#/Db-D-D#/Eb-E-F-F#/Gb-G-G#/Ab-A-A#/Bb-B-C,  standard urutan nada yang dipakai kebanyakan berawal dari nada C dan berakhir pada nada C, atau ada beberapa yang memakai urutan dari nada-nada lainnya, untuk pembahasan ini kita pakai yang standard dan banyak orang gunakan saja.

Kunci dasar mayor


Karena pembahasan ini agak sedikit panjang  kita akan coba mengulik (hehe maaf bahasa anak band keluar) kunci C-D-E-F-G-A-B MAYOR terlebih dahulu agar rekan-rekan juga tidak terlalu jenuh untuk menyimaknya dan untuk nada yang tersisip diatara nada pokok itu seperti "#" atau "b" kita akan bahas di artikel lainnya.

Komposisi kunci dasar C


Kunci dasar C merupakan kombinasi antara nada C-E-G-C'- ada empat nada dasar yang dibunyikan secara bersamaan untuk membentuk nada kunci C, dari kombinasi nada dasar itu kira-kira ada pertanyaan? baik secara susunanan atau penulisannya? kalau ada silahkan komentar dibawah posting ini atau lewat halaman Main Gitar Yukk di facebook, bagi yang sungkan berkomentar saya akan coba bahas pada artikel berikutnya.

Komposisi kunci dasar D 


Untuk kunci dasar D terdiri dari nada  D-A-D-F# dari empat nada dasar tersebut ada salah satu nada "#" yang menjadi bagian dari kunci D, tekan lah nada-nada tersebut dan bunyikan secara bersamaan ( hem.. bagaimana tekan nya ya? caranya aja ga dikasih tau, gambarnya aja ga ada) ya sudah saya akan persiapkan dahulu lanjutannya

Komposisi kunci dasar E


Kunci dasar E memiliki kombinasi nada E-B-E'-G#-B-E" nah kumpulan nada dasar yang membentuk kunci E rupanya lebih banyak, seperti biasa jika ada yang kurang jelas dengan susunan ataupun cara penulisan nada-nada pada kunci E ini silahkan ditanyakan saja dan kita akan bahas bersama atau sebelumnya bisa ke pembahasan yang lebih detil lagi berikutnya.

Komposisi kunci dasar F


Kumpulan nada yang membentuk kunci dasar F adalah F'-C-A-F"-C mungkin jari tangan yang belum lentur menekan nada-nada untuk menghasilkan bunyi kunci F ini biasanya agak sulit karena jarak nada yang lumayan berjauhan antara titik nada yang satu dengan yang lainnya, coba sambil lihat pembahasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Komposisi kunci dasar G


Menurut saya kunci dasar G dan E adalah kunci termudah untuk di main kan di gitar karena kita hanya menekan dua nada saja selebihnya nada los, nada-nada dalam kunci G adalah G-B-D-G'-B'-E" sangat mudah  dan pasti langsung benyi saat menekanya posisinya sangat terjangkau (bakwan kali terjangkau) untuk lebih lengkap bisa lihat penjelasannya dihalaman ini.

Komposisi kunci dasar A


Banyak pemain musik menciptakan lagunya berawal dari kunci A terutama A minor menurut saya A minor itu merdu untuk memulai lagu, berikut kombinasi nada dasar A yang terdiri dari A-E-A'-C#-E'
untuk gambar penempatan jarinya akan dibahas pada artikel lainnya.

Komposisi kunci dasar B


Untuk kunci dasar B tugas jari untuk menekan nada pada gitar lebih banyak dan meloncat satu fret atau satu kotak pada gitar meskipun demikian memainkannya lebih mudah dan masih terjangkau dengan jari (haha terjangkau lagi) selengkapnya akan saya persiapkan pembahasan lebih detil.

Baiklah sampai disini dulu ya, kalau pun dijelaskan semua disini pasti yang membaca jenuh juga sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, pelan-pelan asal kelakon, ok rekan-rekan sampai jumpa lagi..


Tidak ada komentar :

Posting Komentar